DEPARTEMEN KESEHATAN
REPUBLIK INDONESIA
P E N G U M U M A N
NOMOR : KP.01.02.1.3.0229
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DEPARTEMEN KESEHATAN
TAHUN ANGGARAN 2007
Departemen Kesehatan RI membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia pria dan wanita lulusan
D-III dan Sarjana untuk diangkat sebagai CPNS Pusat yang akan ditempatkan di seluruh Kantor Pusat dan
Unit Pelaksana Teknis milik Departemen Kesehatan di daerah.
1. PERSYARATAN UMUM :
a. Warga Negara Indonesia.
b. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat
terhitung mulai tanggal (TMT) 31 Desember 2007.
c. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan yang dibuktikan dengan Surat
Keterangan Catatan Kepolisian.
d. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat
sebagai PNS/Anggota ABRI/Polri maupun pegawai swasta.
e. Tidak berkedudukan sebagai CPNS dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan
instansi lain.
f. Sehat jasmani dan rohani.
2. PERSYARATAN KHUSUS :
a. Khusus untuk Dokter Spesialis dimungkinkan berusia diatas 35 tahun dan maksimal berusia 40
tahun, dengan melampirkan surat keterangan masa kerja minimal 10 tahun 9 bulan terhitung mulai
tanggal (TMT) 31 Desember 2007.
b. Untuk Dokter/Dokter Gigi/Dokter Spesialis wajib memenuhi persyaratan pasca PTT kecuali :
• Dokter Spesialis dengan bidang studi tertentu (Spesialis Anestesi, Patologi Klinik, Bedah
Ortopedi, Urologi, Psikiater, Patologi Anatomi, Radioterapi, Kedokteran Nuklir, Jantung dan
Pembuluh Darah, Bedah Syaraf, Bedah Thoraks, Bedah Plastik dan Rehab Medik).
• Dokter Umum/Dokter Gigi yang bersedia ditempatkan di UPT Depkes yang tidak diminati (KKP
Pulang Pisau-Kalteng, KKP Biak-Papua, KKP Jayapura-Papua, KKP Sorong-Papua Barat, KKP
Manokwari-Papua Barat,).
c. Untuk mengisi jabatan Auditor pada unit Inspektorat Jenderal akan diberikan tes khusus sebagai
Auditor.
3. TAHAPAN DAN JADWAL KEGIATAN :
NO KEGIATAN WAKTU
1. Pengumuman Alokasi Formasi 10 – 23 November 2007
2. Pendaftaran secara on-line 12 – 16 November 2007
3. Pengiriman berkas ke PO BOX 1005 JKTM 12700 12 – 22 November 2007
4. Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi 28 November 2007
5. Daftar Ulang & Pengambilan Kartu Peserta Ujian di Provinsi
Peminatan
29 s/d 30 November 2007
6. Pelaksanaan Ujian Tulis 01 Desember 2007
7. Pengumuman Kelulusan CPNS direncanakan 26 Desember 2007
4. ALOKASI FORMASI
Alokasi formasi pada setiap Provinsi dapat dilihat secara lengkap di lembar terlampir.
5. TAHAPAN PENDAFTARAN
5.1. Registrasi On-line
a. Pendaftaran peserta secara on-line melalui www.ropeg-depkes.or.id mulai tanggal 12
November 2007 s/d 16 November 2007.
b. Mengisi formulir pendaftaran yang tersedia dalam website dengan memperhatikan langkahlangkah
pengisian secara cermat dan hati-hati.
c. Setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada 1 (satu) peminatan unit kerja.
d. Mencetak formulir pendaftaran on-line sebanyak 2 (dua) kali, menempelkan foto pada
formulir pendaftaran dan menandatangani formulir pendaftaran.
e. Pendaftaran baru dianggap sah setelah berkas lamaran diterima Panitia melalui PO Box
1005 JKTM 12700 paling lambat pada tanggal 22 November 2007 jam 15.00 wib.
5.2. Pengiriman Berkas Lamaran
a. Lamaran disampaikan melalui Pos Tercatat/Kilat Khusus/Pos Ekspres/Jasa Titipan Dokumen
dan ditujukan kepada :
Ketua Tim Pengadaan CPNS
Departemen Kesehatan Tahun 2007
PO BOX 1005 JKTM 12700
b. Panitia hanya menerima berkas lamaran yang dikirimkan melalui PO BOX 1005 JKTM 12700
mulai tanggal 12 November 2007 dan diterima selambat-lambatnya tanggal 22 November
2007 jam 15.00 WIB.
c. Setiap pelamar hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) berkas lamaran dengan tujuan
peminatan yang tidak dapat diubah lagi.
d. Berkas lamaran 1 (satu) rangkap dilengkapi dengan lampiran yang disusun berurutan
sebagai berikut :
1. Fotocopy print out formulir pendaftaran yang telah ditempel foto dan ditanda tangani
(setelah melakukan registrasi on-line).
2. Fotocopy Surat Keterangan dari tempat bekerja Suami/Istri bagi yang sudah berkeluarga.
3. Fotocopy ijazah (D-III, D-IV, S-1, S-2) yang dilegalisir oleh Dekan/Pimpinan Institusi
Pendidikan (cap basah).
4. Asli Surat Keterangan Sehat jasmani & rohani terbaru dari Dokter Pemerintah.
5. Fotocopy dengan legalisir (cap basah) Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang masih
berlaku.
6. Pas Foto terbaru hitam putih ukuran 4 X 6 sebanyak 3 (tiga) lembar dengan ditulis nama
pelamar dibagian belakang foto dan 1 (satu) lembar ditempelkan di formulir lamaran.
7. Fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR) bagi Dokter/Dokter Gigi/Dokter Spesialis.
8. Fotocopy Sertifikat Selesai Masa Bakti (SMB)/Selesai Penugasan yang dilegalisir oleh
Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Penugasan terkecuali Dokter Spesialis untuk bidang
studi tertentu.
9. Fotocopy Sertifikat keteladanan yang disyahkan oleh Kepala Dinas Kesehatan
Propinsi/Kabupaten/Kota setempat bagi Dokter/Dokter Gigi/Bidan Teladan.
10. Fotocopy Sertifikat Pelatihan/Kursus lainnya yang mendukung jabatan formasi yang
dilamar (bagi yang memiliki).
11. Fotocopy Sertifikat Institutional TOEFL/EPT yang masih berlaku yang diterbitkan oleh
lembaga yang berwenang (bagi yang memiliki).
12. Fotocopy surat keterangan pengalaman kerja sesuai dengan formasi jabatan yang
dilamar (bagi yang memiliki).
e. Asli formulir pendaftaran yang telah ditandatangani dan ditempel foto, beserta lampiran
berkas lamaran disusun rapi sesuai urutan persyaratan butir d diatas dan dimasukkan
ke dalam map kertas jepit berlubang (snelhekter map) dengan warna sebagai berikut :
- warna map hijau untuk D-III Tenaga Kesehatan
- warna map merah untuk D-III Tenaga Non Kesehatan
- warna map kuning untuk D-IV/S-1/S-2 Tenaga Kesehatan
- warna map biru untuk S-1 Tenaga Non Kesehatan
Pada Map tersebut ditulis :
• Nama Peserta
• Nomor Pendaftaran
• Kualifikasi Pendidikan mis : D-III Komputer, S1 Kesehatan Lingkungan.
dan dimasukkan kedalam amplop warna coklat dan pada sudut kiri atas bagian depan
sampul diberi tulisan nomor pendaftaran yang tercetak pada formulir pendaftaran.
f. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut diatas, dinyatakan tidak lulus
seleksi administratif dan berkas menjadi milik panitia.
6. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRATIF
a. Panitia akan melakukan seleksi administratif sesuai persyaratan yang telah ditentukan dan
melakukan verifikasi terhadap isian formulir lamaran yang telah dilakukan secara registrasi on-line.
b. Seleksi administratif akan diumumkan pada tanggal 28 November 2007 melalui situs www.ropegdepkes.
or.id. dan www.depkes.go.id
c. Kartu Tanda Peserta Ujian harus diambil sendiri oleh peserta (tidak boleh diwakilkan) pada tanggal
29 s/d 30 November 2007 di Panitia Provinsi tempat ujian dilaksanakan dengan membawa asli print
out form pendaftaran on-line, sekaligus sebagai bukti daftar ulang untuk mengikuti ujian tulis.
7. PELAKSANAAN UJIAN TULIS
a. Ujian tulis meliputi Tes Kompetensi Dasar (Pengetahuan umum, Bahasa Inggris, Bahasa
Indonesia, Tes Bakat Skolastik) dan Tes Kompetensi Bidang/Substansi kesehatan hanya untuk
tenaga kesehatan.
b. Ujian tulis dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2007 di Provinsi peminatan yang dituju,
meskipun peserta melakukan registrasi on-line di luar propinsi peminatan.
Contoh : Registrasi on-line di Jakarta, peminatan RS. Wahidin Sudirohusodo – lokasi ujian di
Makassar.
Registrasi on-line di Medan, peminatan Poltekkes Tasikmalaya – lokasi ujian di Bandung.
c. Khusus untuk Dokter Spesialis pelaksanaan ujian tulis dilakukan di Provinsi tempat melakukan
registrasi on-line.
Contoh : Dokter Spesialis melakukan registrasi on-line di Medan, provinsi peminatan di
Makasar, maka ujian tulis dilaksanakan di Medan.
d. Peserta diwajibkan membawa Kartu Peserta Ujian, kartu identitas, pensil 2B asli, penghapus,
rautan dan alas tulis.
e. Tempat pelaksanaan ujian tulis akan diumumkan pada saat peserta melakukan daftar ulang di
Provinsi peminatan.
f. Apabila diperlukan maka akan dilakukan test khusus/psikotest/tes ketrampilan berupa praktek.
8. LAIN-LAIN
a. Seleksi penerimaan CPNS Depkes Tahun 2007 sama sekali tidak dipungut biaya.
Departemen Kesehatan tidak bertanggung jawab atas pungutan oleh oknum yang
mengatasnamakan Departemen Kesehatan atau Panitia sehingga peserta diharapkan tidak
melayani tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai CPNS
b. Lamaran yang sudah dikirimkan kepada Departemen Kesehatan menjadi milik Panitia dan tidak
dapat diminta kembali.
c. Lamaran yang dikirimkan sebelum pengumuman ini dianggap tidak berlaku.
d. Lamaran yang diterima setelah tanggal 22 November 2007 pukul 15.00 WIB tidak akan
diproses.
e. Tidak diperkenankan mengubah pilihan peminatan yang sudah terdaftar.
f. Tidak diperkenankan melakukan registrasi ganda.
g. Hal-hal lain yang berkaitan dengan seleksi CPNS Departemen Kesehatan Tahun 2007 dapat dilihat
pada website www.ropeg-depkes.or.id.
h. Depkes menyediakan layanan Hotline 0815 1900 9060 atau 0815 1900 9080 pada hari dan jam
kerja.
i. Para pelamar disarankan untuk terus memonitor informasi dan perkembangan seleksi melalui
website.
j. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
k. Apabila dikemudian hari peserta terbukti memberikan data palsu maka kelulusan dibatalkan.
Jakarta, 9 November 2007
Kepala Biro Kepegawaian
selaku
Ketua Tim Pengadaan CPNS Th. 2007
TTD
drg. S.R. Mustikowati, M.Kes
NIP. 140158473
Untuk formasi di seluruh Indonesia dapat di download di bawah ini :
Nangroe Aceh Darussalam
Sumatera Utara
Sumatera Barat
Riau
Jambi
Sumatera Selatan
Bengkulu
Lampung
Bangka Belitung
Kepulauan Riau
DKI Jakarta
Jawa Barat
Jawa Tengah
DI Yogyakarta
Jawa Timur
Banten
Bali
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Tengah
Kalimantan Selatan
Kalimantan Timur
Sulawesi Utara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Tenggara
Gorontalo
Maluku
Maluku Utara
Papua
Irian Jaya Barat
Kantor Pusat
Semoga Bermanfaat Buat Teman-Teman yang membaca ini
Regards,
Nova Rahman
BERITA HARI INI, Powered By METRO TV
INFO CPNS DEP.KES 2007 LENGKAP
Diposting oleh Nova Rahman Jam 14:11
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar