6.10.2009

Penerimaan Mahasiswa Baru

Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah tahun ini kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2009/2010. Mungkin Anda berfikir bahwa ini promosi yang biasa dari sebuah ATRO, kalau begitu Anda salah, cari dan temukan faktanya, bahwa kami memang beda dengan ATRO lain di Indonesa, apa yang membuat kami berbeda dengan yang lain.....

Mengenal Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah.

Letak Kampus
Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah berada di Jl. Raya By Pass Km. 15 Aie Pacah, Padang, Sumatera Barat. Lokasinya sangat strategis karena hanya berada di pinggir Jalan By Pass, dan hanya 20 menit dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Universitas Baiturrahmah memiliki lahan sendiri dengan luas sekitar 8 hektar. Ini merupakan sekolah untuk pendidikan radiografer satu-satunya di Kopertis Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau). INI YANG MEMBUAT KAMI BEDA, ATRO SATU-SATUNYA DI WILAYAH KOPERTIS WILAYAH X ATAU DI 4 PROPINSI DENGAN LUAS KAMPUS SEKITAR 8 HEKTAR.


UNIVERSITAS BAITURRAHMAH TAMPAK DARI DEPAN


JALAN DI BAGIAN DALAM KAMPUS YANG BEGITU PANJANG


HALAMAN DEPAN KAMPUS YANG SANGAT LUAS


Kurikulum dan Program Pengajaran


Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah telah menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi, dengan jumlah jam praktikum yang cukup banyak jika dibandingkan dengan sekolah lain yang sejenis yang masih menggunakan kurikulu yang lama. Untuk semester 1 dan 2, praktikum dilakukan di Laboratorium Radiografi milik sendiri dengan jumlah orang tiap kelompok sekitar 6 orang. Untuk memenuhi jam praktikum yang diharuskan oleh Kurikulum Berbasis Kompetensi, terkadang praktikum dilakukan hingga jam 8 malam. Untuk semester 3 dan 4, Praktikum dilakukan di RS Pemerintah yang sudah mempunyai ikatan kerjasama dengan Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah yaitu RSUP Dr. M. Djamil, Padang dan RSUD Dr. Achmad Muchtar, Bukittinggi dengan lamanya praktikum selama 12 minggu (3 bulan) terus menerus tanpa jeda. Selain itu juga mahasiswa semester 3 dan 4 diwajibkan untuk dinas malam selama satu tahun penuh. Ini dilakukan untuk memenuhi kompetensi mahasiswa supaya menjadi radiografer yang profesional. Semester 5 dan 6 dilakukan di RS se-Sumatera Barat hingga ke Riau dan sekitarnya, baik RS Pemerintah maupun swasta.


SAAT PRAKTIKUM LABORATORIUM DI LAB MILIK SENDIRI


SAAT PKL DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Fasilitas Kampus
Untuk menunjang kurikulum dan program pengajaran di atas, Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah memiliki fasilitas-fasilitas sebagai berikut :

Laboratorium Radiografi
Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah memiliki Laboratorium sendiri yang bisa memuat sekitar 20 mahasiswa. Laboratorium ini dilengkapi dengan pesawat mobile x-ray 150 mA yang dibeli baru pada tahun 2006, ruang kamar gelap yang luas dengan manual processing, ruang operator yang luas dan ruang pemeriksaan yang juga luas. Di dalam laboratorium ini juga dilengkapi dengan USG yang digunakan untuk melatih mahasiswa menggunakan tranducer (probe) supaya bisa menentukan letak organ seperti hepar, jantung, ginjal dll.

Ruang Kelas
Tiap ruang kelas terdapat fasilitas sound system yang terdengar jernih, LCD Projector dan Notebook untuk dosen dalam mengajar. Selain itu juga terdapat ruang kelas yang bisa digunakan untuk kuliah umum, yang bisa menampung hingga 200 mahasiswa di dalamnya.

RS Milik Sendiri
Universitas Baiturrahmah memiliki Rumah Sakit milik Sendiri yang bernama RS Islam Siti Rahmah, yang merupakan RS Pendidikan yang diperuntukkan untuk mahasiswa Universitas Baiturrahmah termasuk mahasiswa Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah. RS Siti Rahmah ini memiliki peralatan yang canggih terutama untuk Bagian Radiologinya seperti Pesawat sinar-x untuk pemeriksaan radiografi konvensional 500 mA multipurpose, Mammography, Digital Panoramic dan Cephalometry, CT Scan, USG 4 Dimensi dan C-Arm. Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah merupakan satu-satunya sekolah radiografi di Indonesia yang memiliki Rumah Sakit sendiri yang memiliki perlengkapan radiologi terlengkap dan tercanggih. INI JUGA YANG MEMBUAT KAMI BERBEDA DENGAN YANG LAIN, ATRO SATU-SATUNYA DI INDONESIA YANG PUNYA RS SENDIRI DENGAN RADIOLOGI TERLENGKAP MUAI DARI KONVENSIONAL, MAMMOGRAPHY, PANORAMIC/CEPHALOMETRY, CT SCAN, COMPUTER RADIOGRAPHY (CR), C-ARM, USG 4 DIMENSI DAN MRI 1,5 TESLA


PESAWAT X-RAY KONVENSIONAL 500 mA


PESAWAT PANORAMIC/CEPHALOMETRY


PESAWAT MAMMOGRAPHY


COMPUTER RADIOGRAPHY (CR)


USG 4 DIMENSI


CT SCAN


MRI 1,5 TESLA

Perpustakaan Yang Lengkap
Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah mempunyai perpustakaan yang cukup lengkap, menyatu dengan milik Universitas Baiturrahmah. Selain buku secara fisik, mahasiswa juga bisa menikmati buku dalam bentuk electronic book (e-book), untuk buku-buku radiologi terbaru.

Akses Internet Untuk Mahasiswa
Universitas Baiturrahmah memiki akses internet yang dibuat dalam bentuk Hot Spot (Wireless Internet) yang dapat di akses oleh set mahasiswa termasuk mahasiswa Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah. Hot Spot untuk Wireless Internet ini meng-cover seluruh wilayah kampus, dan selalu hidup selama 24 jam, sehingga mahasiswa bisa meng-akses internet setiap saat, untuk mencari referensi dan tugas. Dan yang paling penting, ini gratis untuk mahasiswa.




Lahan Parkir Yang Luas
Lahan parikir terkadang jadi masalah ketika kita memasuki sebuah kampus. Saat kita hendak parkir, tidak ada space untuk kita parkir kendaraan kita. Hal tersebut tidak akan terjadi di Universitas Baiturrahmah. Lahan parkir di Universitas Baiturrahmah cukup luas, sehingga cukup menampung kendaraan bahkan bisa menampung seluruh undangan yang hadir saat wisuda mahasiswa berlangsung.

Kantin Yang Luas
Saat jam istirahat, mahasiswa bisa istirahat sambil makan di kantin yang cukup luas. Disini terdapat berbagai macam pilihan makanan dan minuman. Kantin ini bisa menampung hingga 500 orang lebih. Yang tak kalah menariknya, di kantin ini juga terdapat Hot Spot untuk akses internet, sehingga mahasiswa sambil istirahat dan makan, bisa sekaligus browsing internet.

Masjid Yang Besar
Sebagai orang yang beragama, sudah seharusnya kita tidak selalu memikirkan masalah dunia terus menerus. Kita harus juga selalu mengingat Yang Maha Pemberi. Maka untuk memenuhi kebutuhan spiritual ini, Universitas Baiturrahmah memiliki Masjid yang besar, yang bisa menampung hingga 1000 jama’ah.

Waktu Pendaftaran
Pendaftaran Mahasiswa dibuka mulai tanggal 1 Juni hingga 16 Juli 2009, dari jam 08.00 s/d 14.00 setiap hari kerja.

Informasi
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Program Studi D III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Universitas Baiturrahmah, Telp. 0751-463529, 0751-463069.

Jika Anda ingin mendapatkan pendidikan radiografer yang terbaik dan berbeda dengan ATRO lain di Indonesia ya di sini tempatnya!


1 komentar:

  1. "Jika Anda ingin mendapatkan pendidikan radiografer yang terbaik dan berbeda dengan ATRO lain di Indonesia ya di sini tempatnya!"

    Hahaha..koplak,atro baru kemari sore aja uda sok promosi tinggi.
    Atro yg terbaik itu masih dipegang atro depkes jakarta dan depkes semarang!
    Jangan umbar iklan berlebih kalau belum ada bukti prestasi

    BalasHapus